5 Peluang Usaha UMKM yang Menjanjikan di Tahun 2023

Gelombang COVID-19 sudah mereda. Kira-kira, apa saja peluang usaha UMKM yang menjanjikan di tahun 2023 hingga 2024? Simak pembahasannya di sini.

Beragam peluang bagi UMKM di tahun mendatang, rekomendasi dari Lokasoka
Beragam peluang bagi UMKM di tahun mendatang, rekomendasi dari Lokasoka

Peluang usaha UMKM 2023 tentunya berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, mengingat besarnya dampak pandemi COVID-19 bagi sektor industri. Dikutip dari e-Digital, dalam dua tahun pandemi yang terasa dramatis ini, ada beberapa produk dan jasa yang terbukti anti-krisis. Hal ini menunjukkan bahwa peluang usaha UMKM di tahun 2023 mendatang masih terbuka lebar, bahkan terus bertumbuh.

Table of Contents

Ide Peluang Usaha UMKM 2023

Zaman sekarang makin banyak bisnis yang dikelola secara digital. Situasi ini tentunya membuat tren pasar juga mulai berubah. Di tahun 2023, tren peluang usaha UMKM sudah pasti juga lebih mengarah pada usaha yang memanfaatkan teknologi digital.

Kreator UMKM membuat produk handmade.
Kreator UMKM sedang membuat produk handmade.

Kehadiran UMKM dalam ekosistem digital dinilai mampu mendorong para pegiat UMKM untuk mampu bertahan di masa krisis seperti pandemi lalu. Dengan memanfaatkan teknologi digital sebagai media pemasaran, UMKM diyakini dapat lebih cepat menjual produknya dan mudah untuk berkembang.

Namun, apa saja usaha yang dapat dicoba oleh pegiat UMKM, terutama yang ingin memulai dari awal lagi? Berikut inilah tren peluang usaha UMKM 2023 yang menarik dan bisa mendatangkan keuntungan besar dengan memanfaatkan teknologi digital.

1. Makanan dan Minuman

Madu dan makanan ringan merupakan peluang usaha yang stabil meskipun saat pandemi.
Madu dan makanan ringan merupakan peluang usaha dengan prospek yang bagus.

Makanan dan minuman menjadi salah satu kategori yang paling populer menjelang akhir 2022, dengan peningkatan transaksi mencapai lebih dari 3x lipat. Menjual produk yang paling banyak dicari masyarakat dapat menjadi strategi yang baik dalam memulai usaha.

Beberapa produk makanan dan minuman yang paling dicari masyarakat belakangan ini antara lain kopi bubuk lokal, makanan ringan, bahkan makanan siap saji yang dikemas dalam bentuk parsel dan hampers. Berjualan makanan siap masak juga dapat dijadikan peluang usaha saat ini. Masyarakat yang kembali aktif berkegiatan di luar rumah membuat adanya peningkatan penjualan makanan siap masak selama akhir tahun 2022.

Bagi Anda yang ingin memanfaatkan peluang usaha makanan dan minuman ini pastinya perlu direncanakan dengan matang. Jika Anda ingin memproduksi makanan dan minuman sendiri, pastikan resepnya sudah tepat. Lakukan tes pasar dan buatlah penyesuaian dalam hal rasa yang sesuai dan mudah diterima oleh selera kebanyakan orang.

Produk makanan dan minuman yang dikemas sebagai hampers.
Produk makanan dan minuman yang dikemas sebagai hampers.

Selain memproduksi sendiri, Anda juga bisa menjadi agen ataupun reseller produk makanan dan minuman kekinian. Tapi pastikan produk yang Anda ambil adalah produk best seller dan keuntungan yang Anda dapatkan sebagai seller besar.

2. Produk Kecantikan dan Perawatan Tubuh

Pandemi mendorong terciptanya tren dan peluang baru, termasuk di bidang kecantikan dan perawatan tubuh. Tercatat adanya peningkatan transaksi dalam kategori Kecantikan menjelang akhir 2022. Bahkan ada juga pegiat usaha lokal yaitu Gentle Hour yang memulai bisnisnya di tengah pandemi, turut mencatat kenaikan transaksi hingga 13x lipat dan berhasil menjangkau pelanggan bahkan hingga ke Papua.

Manfaatkan program reseller untuk menjual produk kecantikan dan perawatan tubuh.
Produk kecantkan umumnya dapat dimanfaatkan melalui program reseller.

Karena produk kecantikan dan perawatan tubuh tidak dapat dibuat dengan sembarangan, Anda bisa memanfaatkan peluang usaha ini dengan menjadi agen ataupun reseller. Sekarang sudah makin banyak produk kecantikan dari luar negeri seperti Korea Selatan ataupun produk kecantikan dari Indonesia yang membuka peluang keagenan dan reseller. Ketika memilih produk kecantikan mana yang akan Anda jual, pastikan produk tersebut sudah memiliki izin edar resmi, ya.

3. Produk Olahraga

Menjual beragam produk yang mendukung hobi olahraga juga dapat dipertimbangkan sebagai ide usaha. Berdasarkan total pembelian, olahraga yang makin digemari pasca-pandemi COVID-19 yaitu bersepeda, fitness, memancing, mendaki dan berkemah, sepakbola atau futsal, serta home gym.

Drybag dengan desain sesuai pesanan pelanggan.
Drybag merupakan perlengkapan olahraga yang sangat diminati.

Produk olahraga pasca-pandemi memang jadi satu kebutuhan pokok bagi banyak orang. Apalagi untuk para pekerja kantoran yang lebih banyak mendapatkan jatah kerja dari rumah. Keinginan masyarakat untuk kembali berolahraga di ruang terbuka dapat Anda manfaatkan dengan cara menjual produk olahraga. Mulai dari pakaian olahraga seperti kaus dan jaket, sarana olahraga, aksesori olahraga, dan juga peralatan olahraga rumah.

4. Alat Lukis

Di tengah pandemi, melukis menjadi salah satu hobi yang digemari masyarakat, contohnya aktivitas paint by numbers. Hal ini terlihat dari kenaikan jumlah penjualan produk-produk seperti perlengkapan melukis selama dua tahun ke belakang. Sampai saat ini, hobi ini masih digemari masyarakat karena dinilai praktis dan dapat memberikan ketenangan di tengah kesibukan harian.

Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan menjual alat gambar ataupun lukis dalam bentuk paket. Misalnya dalam menjual kanvas ukuran A3 dikombinasikan dengan produk lain yaitu kuas, cat wana, dan pensil.

Penjualan produk dalam bentuk paket pasti akan lebih menarik peminat. Mereka dapat menghemat waktu pencarian dan tidak perlu mencari peralatan pelengkap di toko lain. Strategi kreatif seperti ini dapat menaikkan harga jual produk dan mempercepat penjualan.

5. Konveksi Tas dan Pakaian

Siapa sih yang tidak membutuhkan barang penting seperti pakaian dan tas? Anda dapat memanfaatkan hal ini dengan menjadi vendor tas dan pakaian. Kedua jenis barang ini bukan hanya diminati dari segi retail, namun juga biasanya dicari oleh penyelenggara acara yang membutuhkannya dalam jumlah besar.

Untuk membuat produk yang unggul dari vendor lain, yang perlu diperhatikan adalah Anda harus selektif dalam memilih bahan kaus dan tas. Sebab bahan yang bagus merupakan poin utama yang dicari oleh pelanggan. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan desainnya. Produk dengan desain sederhana diyakini dapat mencapai pelanggan dari berbagai kalangan usia dan gender.

Bagi yang sudah memiliki konveksi sendiri, Anda dapat memanfaatkan platform digital seperti marketplace sebagai tempat pemasaran sekaligus penjualan. Berikan promo menarik seperti bundling product dengan skema pricing menarik, cashback agar pelanggan tertarik dengan produk Anda, dan desain eksklusif bagi pelanggan yang ingin membeli produk untuk dijadikan sebagai merchandise.

Tren peluang usaha UMKM tahun 2023 tidak lepas dari adanya pemanfaatan teknologi digital dalam menjalankan aktivitas bisnis. Untuk mendorong UMKM untuk bisa masuk ke ranah digital pastinya perlu dukungan dari banyak pihak.

Literasi digital merupakan salah satu syarat mutlak agar UMKM melek teknologi dalam mempertahankan eksistensinya, terutama di tahun-tahun pasca-pandemi. Hal ini dapat diwujudkan dengan memberikan edukasi dan informasi kepada tiap UMKM tentang cara memasarkan produk secara daring dan memanfaatkan teknologi untuk mendukung operasional usaha mereka.

Pembuatan pola tas dan proses penjahitan pakaian oleh UMKM lokal.
Kegiatan konveksi yang dilakukan oleh UMKM lokal.

Kegiatan seperti inilah yang diharapkan akan menggerakan aktivitas usaha di kalangan pelaku usaha mikro dan ultramikro. Hal ini nantinya dapat membuat produk-produk dari brand lokal menjadi produk unggulan di negeri sendiri.

Makin banyak platform yang tersedia akan memberikan ruang bagi brand lokal untuk mengoptimalkan pemasaran agar makin diminati oleh masyarakat lokal pula.

Peluang Usaha UMKM dari Lokasoka

Salah satu peluang usaha UMKM juga pernah datang dari Lokasoka, yang terus mendorong UMKM di Indonesia untuk berkembang dan mencoba ranah digital sebagai media pemasaran. Lokasoka pernah meluncurkan program Localaris dengan tujuan Go Digital untuk UMKM lokal. Program digitalisasi UMKM melalui Localaris ini mendukung para kreator lokal untuk mendapatkan akses pasar yang lebih luas melalui platform marketplace dari Lokasoka.

Kegiatan UMKM binaan Ecodoe.
Dokumentasi kegiatan UMKM binaan Lokasoka.

Bukan hanya membantu pelaku UMKM untuk Go Digital, Lokasoka juga memiliki program pendampingan dan pelatihan, mulai dari pelatihan dalam UMKM Inkubator, pinjaman dana dan modal usaha, promosi produk dan perluasan pasar, serta pengurusan legalitas usaha. Program digitalisasi UMKM bersama Localaris Lokasoka ini bisa diakses oleh semua kreator UMKM lokal secara cuma-cuma.

Sudah siapkah Anda untuk memanfaatkan peluang usaha UMKM di tahun 2023 mendatang? Spoiler alert! Lokasoka memiliki program baru untuk para kreator UMKM di tahun 2023. Penasaran? Tunggu saja tanggal mainnya dan ikuti terus kegiatan serta perjalanan Lokasoka melalui laman media sosial dan reels Lokasoka!