9 Ide Souvenir Perusahaan untuk Pelanggan Unik dan Berkesan

9 Ide Souvenir Perusahaan untuk Pelanggan Unik dan Berkesan

Ide souvenir perusahaan jadi hal penting yang bisa memperkuat promosi dan memberikan kesan menarik bagi pelanggan. Yuk simak 9 rekomendasinya!

Souvenir promosi jadi bagian penting untuk perusahaan. Terutama sebagai cinderamata dan bentuk reward untuk para pelanggan. Tentunya hal ini bisa membantu dalam menyebarluaskan berbagai kebutuhan marketing. Mulai dari menjangkau pasar yang lebih luas, meningkatkan brand awareness, hingga menumbuhkan customer loyal.

Kenapa Ide Souvenir Perusahaan Itu Penting?

Semakin ke sini perusahaan dituntut untuk lebih kreatif dalam menarik minat audiens untuk berinteraksi dengan produk dan layanan yang disediakan. Sebab kompetitor juga terus melihat peluang untuk melakukan promosi bisnis. Di tengah persaingan bisnis yang makin kompetitif seperti sekarang salah satu aset yang bernilai adalah memiliki pelanggan yang loyal. Maka dari itu penting untuk dibuat strategi bagaimana menumbuhkan perasaan dan sikap loyal dari para pelanggan.

Pelanggan loyal adalah mereka yang puas dengan kualitas produk dan layanan yang perusahaan berikan dan selalu menjadikan perusahaan tersebut sebagai pilihan pertama. Selain itu, secara sukarela dan dengan sadar mereka akan memberikan review positif ke publik bahkan merekomendasikan perusahaan tersebut ke orang-orang sekitar. Salah satu bentuk apresiasi dan untuk menjaga loyalitas konsumen adalah dengan memberikan souvenir perusahaan.

Beberapa ide souvenir perusahaan yang banyak digunakan adalah pulpen, jam dinding, gift set, tumbler, mug, payung, flashdisk, dan sebagainya. Setiap jenis souvenir perusahaan tersebut biasanya ditentukan sesuai periode promosi yang dilakukan. Tentu saja ide souvenir perusahaan tersebut dipilih berdasarkan siapa pelanggannya dan seberapa bermanfaat nantinya akan digunakan sebagai media promosi.

Ide Souvenir Perusahaan

Produk apa saja yang cocok untuk dijadikan ide souvenir perusahaan? Untuk menjawab hal ini, Ecodoe akan memberikan rekomendasi ide souvenir perusahaan untuk pelanggan yang unik dan pastinya berkesan.

1. New Normal Kit

Sejak masa pandemi ini souvenir new normal kit sudah menjadi produk yang perusahaan berikan ke para pelanggan setia. Biasanya souvenir new normal kit ini dikemas dalam bentuk paket hampers. Nanti di dalam hampers berisi beberapa item. Contohnya ada handsanitizer, masker kain, set alat makan, pouch, kadang ada juga yang ditambahkan vitamin C atau suplemen kesehatan. Satu lagi yang tidak ketinggalan adalah gift card, yang berisi ucapan atau kata-kata penyemangat supaya tidak bosan untuk hidup sehat dan menjaga kesehatan.

Untuk item-item new normal kit pastinya bisa dicustom, mulai dari item apa saja yang mau dipilih, box hampers atau kemasannya mau seperti apa, dan desain tiap item yang bisa dibuat sesuai identitas perusahaan. Dari logonya, kombinasi warna, dan desain visual lainnya.

2. Buku Agenda

Souvenir buku agenda akan sangat bermanfaat bagi para pelanggan baik itu mereka yang mahasiswa ataupun pekerja. Mereka akan membutuhkan buku ini untuk mencatat berbagai kegiatan, hal-hal penting, juga pengingat akan janji tertentu. Meski di tengah majunya teknologi saat ini, tetap masih banyak orang yang masih suka menulis tangan di buku agenda.

Bahkan dikutip dari bbcindonesia.com menjelaskan kalau mencatat dengan tangan adalah cara yang ampuh untuk memaksimalkan kemampuan otak untuk mengingat informasi dan dari mencatat itu kita bisa menciptakan penyimpanan atau memori yang kuat. Untuk souvenir notebook ini bisa dicustom sesuai kebutuhan. Mulai dari jumlah atau tebal halaman, ukuran notebook, jenis jilidnya, desain cover, dan tambahan item seperti pulpen dan post it.

3. Tumbler

Rekomendasi souvenir perusahaan yang tidak kalah bermanfaat adalah tumbler atau botol minum. Sekarang gaya hidup dan kebiasaan orang sudah mulai berubah ke gaya hidup sehat dan zero waste. Salah satunya adalah menggunakan dan membawa tumbler dalam kehidupan sehari-hari, untuk mengurangi penggunaan plastik dan membiasakan minum air putih secara teratur.

Hal ini  bisa dijadikan salah satu alasan untuk memilih tumbler sebagai souvenir perusahaan yang unik dan bermanfaat. Untuk souvenir tumbler ini pilihannya juga ada banyak nih, mulai dari tumbler vacuum, tumbler bambu, tumbler plastik, dan ada juga tumbler LED yang super keren dan canggih.

4. Tote Bag

Souvenir tote bag merupakan tas jinjing yang awalnya digunakan sebagai tas belanja. Namun saat ini tote bag digunakan dengan berbagai keperluan dengan desain yang lebih stylish dan trendi. Bahannya juga beragam seperti baby canvas, canvas, spunbond, ataupun blacu dengan tutup zipper atau perekat.

Tote bag bisa dimanfaatkan untuk kegiatan yang lebih beragam dan fashionable. Maka dari itu dari segi desain bisa digunakan desain yang simpel dan kekinian. Seperti kata-kata motivasi ditambah dengan credit berupa logo dan nama perusahaan.

5. Pouch

Pouch merupakan tas yang dengan fungsi khusus digunakan sebagai wadah untuk benda-benda yang sifatnya peralatan atau perlengkapan. Souvenir ini dapat dimanfaatkan sebagai wadah kosmetik, wadah peralatan mandi, wadah perlengkapan gadget, wadah peralatan alat tulis dan sebagainya.

Selain itu ada juga pouch serut, biasanya dibuat dengan bahan blacu dan bisa disablon dengan desain sesuai kebutuhan. Pouch serut memiliki berbagai ukuran dan bentuk. Ada yang digunakan untuk wadah botol minum, wadah make up, wadah buku, wadah set alat makan, dan masih banyak lagi.

6. Payung

Di Indonesia hanya ada dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan, payung bisa jadi item souvenir kantor yang sangat bermanfaat karena bisa melindungi kita dari teriknya matahari dan derasnya air hujan. Pilihannya juga ada bermacam-macam.

Ada payung model double side, payung two section switch, auto switch, dan payung sakura. Nanti desain tampilan payung juga bisa di-custom dengan logo perusahaan atau desain yang sesuai sama tema event atau kegiatan perusahaan lainnya.

7. Tas Serut

Drawstring bag atau tas serut merupakan tas punggung tipis yang sebenarnya dibuat untuk membawa sepatu saat berolahraga. Namun saat ini, tas serut juga banyak digunakan untuk fungsi lainnya. Ciri khas dari tas serut ini berbentuk kantong dan memiliki tali yang digunakan sebagai penutup tas. Apabila tali ini ditarik, bagian atas tas akan mengkerut menutup lubang kantong.

Tas ini lebih sering digunakan sebagai tas olahraga karena tampilan kasualnya. Selain itu tas serut juga tas yang simple untuk dipakai liburan dengan nuansa alam. Tas promosi yang antimainstream, tas serut bisa jadi pilihan tepat dengan keunikannya.

8. Flashdisk

Souvenir flashdisk bisa jadi pilihan yang eksklusif untuk diberikan ke para pelanggan setia perusahaan. Dari segi kegunaan tentunya sangat banyak terutama bagi pelanggan yang merupakan pekerja. Di mana flashdisk akan berfungsi untuk menyimpan data-data penting yang bisa dibawa kemana saja. Tidak heran kalau sekarang banyak perusahaan yang menjadikan flashdisk sebagai souvenir sekaligus menjadi media promosi mereka.

9. Gantungan Kunci

Souvenir gantungan kunci merupakan merchandise berbiaya murah yang bisa dipilih. Item gantungan kunci dari segi desain bisa berisi tulisan maupun logo perusahaan. Gantungan kunci juga dapat berfungsi untuk menjadi salah satu media promosi. Sebab gantungan kunci merupakan salah satu aksesoris yang punya manfaat secara langsung bagi pelanggan. Nantinya gantungan kunci bisa digunakan untuk aksesoris tas, kunci motor, kunci rumah, kunci mobil, dan kebutuhan lainnya.

Vendor Souvenir Perusahaan Terbaik

Itulah beberapa ide souvenir perusahaan yang unik, bermanfaat, dan berkesan untuk pelanggan. Kalau Anda membutuhkan souvenir untuk kantor, perusahaan, seminar, dan event lainnya tidak perlu khawatir dimana dan bagaimana caranya mendapatkan vendor souvenir perusahaan berkualitas dengan harga yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Ecodoe adalah pilihan yang tepat.

Banyak keuntungan yang didapatkan ketika memilih Ecodoe dalam membuat souvenir perusahaan. Mulai dari bebas biaya konsultasi dan desain, tersedia pilihan item souvenir yang beragam, serta produknya berasal dari UMKM lokal yang telah diseleksi dari seluruh Indonesia.

Apakah Anda membutuhkan souvenir perusahaan berkualitas dengan harga terjangkau? Yuk langsung konsultasikan dengan Superteam Ecodoe! Masih tersedia banyak voucher belanja dan potongan harga!